Himpunan

Himpunan adalah suatu kumpulan atau gugusan dari sejumlah objek dimana masing-masing karakteristik objek dapat didefinisikan secara jelas. Objek-objek yang mengisi sebuah himpunan disebut sebagai anggota. Penyajian himpunan dilambangkan dengan huruf besar seperti dan lain-lain. Sementara itu, anggota suatu himpunan dilambangkan dengan huruf kecil seperti dan lain sebagainya.

Misal kita punya , kita dapat mengartikan sebagai anggota dari himpunan . Jika setiap anggota dari himpunan juga merupakan anggota dari himpunan lain, misal himpunan , maka disebut himpunan bagian (subset) dari yang dituliskan .

Dua buah himpunan dikatakan identik atau sama apabila semua anggota dari suatu himpunan juga merupakan semua anggota dari himpunan yang lain. Kita dapat menyatakan atau himpunan sama dengan himpunan jika dan hanya jika dan ().

Pernyataan ingkaran dalam notasi himpunan seperti , dan secara berurutan dituliskan sebagai , dan .

Penyajian sebuah himpunan dapat dituliskan dengan dua macam yaitu menggunakan cara mendaftar dan cara kaidah. Penyajian himpunan menggunakan cara mendaftar ialah mencantumkan seluruh objek yang menjadi objek himpunan. Contoh

Himpunan beranggotakan bilangan-bilangan bulat positif 1,2,3,4 dan 5.

Adapun cara kaidah ialah penyajian himpunan dengan menyebutkan karakteristik tertentu yang menjadi anggota himpunan tersebut. Contoh

himpunan beranggotakan objek , dimana adalah bilangan bulat positif yang lebih besar dari nol tetapi lebih kecil dari 6.

Himpunan universal merupakan suatu himpunan yang mencakup semua himpunan dan dilambangkan dengan notasi .
Himpunan kosong yang dilambangkan dengan atau adalah himpunan yang tidak mempunyai satu anggotapun. Himpunan kosong juga bisa kita katakan himpunan bagian dari setiap himpunan. Jadi, secara urutan bisa kita simpulkan menjadi

Gabungan (Union) dari himpunan dan himpunan , dituliskan dengan notasi adalah himpunan yang beranggotakan objek-objek milik atau objek-objek milik

Irisan (Intersection) dari himpunan dan himpunan , dituliskan dengan notasi , adalah himpunan yang beranggotakan baik objek milik maupun objek milik secara bersama-sama.

Jika irisan merupakan himpunan kosong , yakni dan tidak mempunyai satupun anggota yang dimiliki bersama, maka dan dikatakan disjoint (saling asing).

Selisih dari himpunan dan himpunan , dituliskan dengan notasi atau , adalah himpunan yang beranggotakan objek-objek milik yang bukan objek milik .

Pelengkap (complement) dari sebuah himpunan , dituliskan dengan notasi atau , adalah himpunan yang beranggotakan objek-objek yang tidak dimiliki oleh . Dengan kata lain, adalah sama dengan selisih antara himpunan universal dan himpunan .

Ilustrasi Operasi antar Himpunan

KAIDAH MATEMATIKA DALAM HIMPUNAN

1a.
1b.

2a.
2b.

3a.
3b.

4a.
4b.

5a.
5b.

6a.
6b.

7a.
7b.

8a.
8b.

9a.
9b.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai